12 Oktober 2018

Panduan YouTube : Media Promosi Konten Video

Sejak awal kemunculannya ditahun 2005, YouTube telah mengubah wajah internet khususnya dalam hal berbagi konten berformat video. Konten tersebut tidak hanya berisi hiburan belaka namun juga merupakan promosi dari produk-produk baru yang ingin menguasai pasar. Bahkan video pertama yang mampu meraih jutaan tayang adalah sebuah video promosi dari suatu perusahaan apparel ternama di dunia yang menampilkan mega bintang sepakbola Ronaldinho.

Anda akan dialihkan ke halaman baru dalam waktudetik


Gambar Posting Panduan YouTube : Media Promosi Konten Video

YouTube merupakan salah satu situs layanan berbagi konten video yang paling banyak diakses oleh pengguna internet di dunia terutama yang berasal dari Amerika Serikat, India, Jepang, Rusia dan China. Di Indonesia, banyak warga net yang sudah tidak asing lagi terhadap situs komunitas video tersebut, rata-rata mereka menghabiskan waktu hampir sembilan menit di sana untuk menikmati konten video yang tersaji di situ.

Dengan kepopuleran YouTube di ranah maya dan fakta bahwa banyak orang yang mengakses video promosi maka YouTube bisa dimanfaatkan sebagai media promosi.

Untuk memanfaatkan YouTube sebagai media promosi maka jangan hanya mendaftar sebagai pemirsa saja namun bertindaklah sebagai penayang dengan mengunggah video yang berkaitan dengan produk yang ingin dipromosikan, baik jasa maupun barang. Buatlah kanal khusus yang memudahkan pemirsa Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai apa yang Anda promosikan. Telusuri dan pelajarilah berbagai fitur tambahan yang dapat digunakan seperti Live streaming, kustomasi thumbnail, Anotasi eksternal, kustomasi URL dan pengunggahan video berdurasi panjang serta lainnya.

Dalam hal mengenai pembuatan konten video bila ingin mendalaminya maka sebaiknya Anda mengikuti Kursus Video Editing yang bisa didapatkan dari lembaga kursus seperti DUMET School. Silakan mengakses tautan berikut untuk mendapatkan presentasi lebih lanjut : Hasil Belajar Motion Graphic DUMET School.

Jika Anda ingin secara mandiri membuat konten video maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  • Memperhatikan kualitas video/Audio, sebaiknya yang memiliki resolusi 720p: 1280x720.
  • Mencantumkan judul yang menarik perhatian.
  • Mencantumkan deskripsi yang sesuai dengan apa yang ditayangkan pada konten video.
  • Mencantumkan tag sesuai dengan konten video.
  • Mencantumkan thumbnail yang menarik perhatian serta sesuai dengan konten video.
  • Menyediakan terjemahan dalam berbagai bahasa agar bisa mendapatkan pemirsa yang lebih luas.
  • Memilih kategori video yang tepat sesuai dengan konten video.
  • Mengaktifkan fitur komentar dan penilaian serta penyematan video agar dapat berinteraksi dengan pemirsa.
  • Mengaktifkan fitur statistik video.
  • Sebarkanlah video yang telah diunggah ke situs lainnya terutama media sosial yang Anda ikuti seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan lainnya serta ke situs pribadi Anda (jika Anda memilikinya).

Demikianlah posting bertema Memanfaatkan YouTube Sebagai Media Promosi dengan harapan dapat memberikan wawasan bagi Anda yang ingin memulai promosi melalui situs layanan berbagi konten video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar